Indicator KeyLock Tidak Mau StartUp di Linux Mint 17.1

SOCIALIZE IT ⇨
Solusi Indicator KeyLock Tidak Mau StartUp di Linux Mint 17.1. Indicator KeyLock anda tidak akan ikut dijalankan oleh Linux Mint ketika Linux Mint anda start up (System load and keylock Indicator will not autostart in Linux Mint 17 and up).

Cara mengatasi Indicator KeyLock Tidak Mau StartUp di Linux Mint 17.1 --Indicator KeyLock adalah aplikasi Linux yang tergolong sebagai aplikasi Utility yang berguna untuk memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada anda ketika anda menekan tombol Caps Lock atau NumLock atau Scroll Lock keyboard aktif atau sebaliknya.

Linux Mint dari sejak dahulu hingga tulisan ini ditulis yaitu versi Linux Mint 17.1 tidak menampilkan notifikasi ketika tombol Caps Lock diaktifkan. Dengan ini anda dapat menggunakan indicator keylock Ubuntu Linux Mint, cara instal indicator keylock linux. Menambahkan indicator untuk capslock numlock dan scrol lock di Linux dengan indicator keylock lock keys.

Ketika baru selesai menginstall Indicator KeyLock di Linux Mint 17, secara otomatis akan membuat auto start secara sendirinya. Anda bisa mengeceknya melalui program StartUp Application, caranya klik Menu >> Preferences >> StartUp Applications maka akan keluar jendela Startup Applications. Pastikan ada Indicator-LockKeys disana sebagaimana deskripsi berikut :
Name : Indicator-LockKeys
Command : indicator-keylock
Comment : Handles the locked states of CapsLock, NumLock, and ScrollLock
Delay : 0 (digunakan memberikan jeda kapan aplikasi ini akan dijalankan)

Jika sudah dipastikan ada aplikasi indicator-keylock di StartUp Application, maka selanjutnya kita periksa indicator-keylock.desktop  (ekstensinya desktop karena program ini merupakan short cut) di beberapa direktori sebagai berikut :
  1. Periksa /usr/share/applications disini harus ada Indicator-LockKeys
  2. Periksa /home/username_anda/.config/autostart disini harus ada Indicator-LockKeys
  3. Terakhir periksa /etc/xdg/autostart pastikan disitu ada file indicator-keylock.desktop. Jika tidak ada silahkan copy file direjktory pada nomor 1 diatas.
LANGKAH INTI
Langkah ini adalah point utama permasalahan Indicator KeyLock tidak mau start ketika Linux Mint dijalankan. Buka sebagai root (klik kanan di ruang kosong dan pilih Open as Root) direktori /usr/share/cinnamon-session/sessions

Buka file cinnamon.session menggunakan Teks Editor Gedit atau yang lain, dan edit pada baris RequiredComponents, tambahkan indicator-keylock pada bagian terakhirnya. Codenya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
I just switched to Linux Mint 17 Cinnamon from Ubuntu 14 and I do like the interface more! After installing I started configuring and adding all apps I use. I installed indicator-keylock and indicator-multiload and they run successfully. However if I add them to startup applications they won't start on user login. I even tried copying the launcher files from /usr/share/applications to ~/.config/autostart but with no effect either... Note that when logged in the launcher files do open the apps correctly if I launch them manually. Also I have Dropbox and added Vlc to autostart for testing and they work normally. After some testing I found that if I write a shell script that just contains: !#bin/bash indicator key lock  Make it executable and add this to start up applications the indicator starts up normally.... Any ideas why all this trouble? Anyone successfully installed indicator-keylock on mint 17 cinnamon without this workaround and got auto start?

Jika sudah, simpan dan logout dari Linux Mint 17.1 anda. Selamat anda sudah menyelesaikan cara mengatasi Indicator KeyLock yang tidak mau jalan ketika komputer Linux Mint start.
Semoga bermanfaat dan Gunakan Selalu Open Source!

UPDATE
Cara lain untuk memperbaiki Indicator Keylock di Ubuntu 14.04 dan Linux Mint 17.x yang tidak mau start adalah dengan mengganti nama file atau rename file yang ada di dalam "/etc/xdg/autostart/indicator-keylock.desktop"
Nah itu indicator-keylock.desktop diubah nama menjadi indicator_keylock.desktop atau diubah menjadi keylock-indicator.desktop dengan cara masuk sebagai super user karena kita merename file yang termasuk sistem file Linux. Selesai sudah permasalahan...

0 komentar:

Posting Komentar