Cara Instal Elforkane Al-Qur'an Digital di Ubuntu / Linux Mint

SOCIALIZE IT ⇨
Cara Instal Elforkane Al-Qur'an Digital di Ubuntu / Linux Mint. Elforkane adalah software Al-Qur'an yang dibuat oleh Abu Zakaria dari Aljazair (semoga Allah memuliakannya di dunia dan di akhirat). Software ini memiliki antar muka mirip Qur'an Flash di Windows, sehingga memudahkan kita dalam mengkhatamkan Al-Qur'an.

Selain itu Elforkane bisa menampilkan terjemahan dan tafsir, meski pilihan untuk tafsir di Elforkane cukup lengkap, tapi kebanyakan masih menggunakan bahasa arab, hanya satu tafsir yang menggunakan bahasa Inggris. Bagi yang sudah menguasai bahasa Arab, hal ini tentu bukan kendala yang berarti. Kita juga bisa menambahkan reciter di Elforkane sebagaimana di Zekr.

Bagi penghafal Al-Qur'an, kita bisa mengulang-ulang ayat tertentu atau surat tertentu di Elforkane. Bahkan ada fasilitas memorizing, dimana ayat-ayat yang tampil akan disembunyikan dan kita tinggal menghafal ayat yang disembunyikan tersebut.

Setelah Abu Zakaria merilis Applikasi Shohih Albukhari, Maktabah Elkirtas kembali merilis aplikasi yang diberi nama Elforkan (???????)  sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah applikasi Al-Quran,tafsir, plus murottalnya, dengan interface yang minimalis

alquran linux alquran digital ubuntu linux mint alquran recitation ubuntu linux mint aplikasi alquran digital ubuntu linux mint Cara Instal Elforkane Al-Qur'an Digital di Ubuntu / Linux Mint

Cara Instal Elforkane Al-Qur'an Digital di Ubuntu / Linux Mint

Dikutip dari situs resmi Elforkane Open Suse, untuk menginstal Elforkane di berbagai versi Ubuntu adalah sebagai berikut :

Cara Install Elforkane di Ubuntu 15.04  Jalankan perintah berikut :

sudo sh -c "echo 'deb http://download.opensuse.org/repositories/home:/abouzakaria/xUbuntu_15.04/ /' >> /etc/apt/sources.list.d/elforkane.list"
sudo apt-get update
sudo apt-get install elforkane

Cara Install Elforkane di Ubuntu 14.10  Jalankan perintah berikut :

sudo sh -c "echo 'deb http://download.opensuse.org/repositories/home:/abouzakaria/xUbuntu_14.10/ /' >> /etc/apt/sources.list.d/elforkane.list"
sudo apt-get update
sudo apt-get install elforkane

Cara Install Elforkane di Ubuntu 14.04 Jalankan perintah berikut :

sudo sh -c "echo 'deb http://download.opensuse.org/repositories/home:/abouzakaria/xUbuntu_14.04/ /' >> /etc/apt/sources.list.d/elforkane.list"
sudo apt-get update
sudo apt-get install elforkane

Cara Install Elforkane di Linux Mint

Karena Linux Mint merupakan turunan Ubuntu, maka cara instalnya sama. Tinggal menyesuaikan versi Linux Mint berapa yang anda gunakan. Patokannya adalah :
Linux Mint 17.1 = Ubuntu 14.04
Linux Mint 17 = Ubuntu 14.04
Linux Mint 16 = Ubuntu 13.10 (Not Supported)

Untuk menambahkan reciter (Audio Murottal), kita bisa mendownload murottal Elforkane disini. Ekstrak hasil download tadi dan simpan di /home/user_anda/.elforkane/audio/ (user_anda: isikan nama user Linux anda, gunakan Ctrl + H untuk menampilkan hidden folder). Selanjutnya buka aplikasi Elforkane, klik Edit reciter. Cari folder /home/nama user/.elforkane/audio/Hudhaify_32kbps (bagi yang mendownload Hudhaify sebagai reciternya).

UPDATE:
Cara Paling Mudah Install Elforkan Al Qur'an Digital di Ubuntu / Linux Mint adalah dengan mengunjungi ELFORKANE kemudian download dengan memilih sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Untuk Ubuntu dan Linux Mint anda akan mendapat file DEB, cara instalnya cukup klik 2x pada file dan pilih Install. Selesai UNTUK APLIKASI SOFTWARE LINUX ISLAMI LAINNYA LIHAT DISINI

0 komentar:

Posting Komentar