Cara Install XAMPP di Linux + Control Panel GUI

SOCIALIZE IT ⇨
XAMPP adalah sebuah distribusi Apache yang dikemas dalam bentuk paket aplikasi yang didalamnya memuat juga PHP, MySQL, dan Perl. Berbagai macam distribusi apache yang dikemas dalam XAMPP memiliki beberapa versi dengan versi PHP maupun MySQL yang berbeda. XAMPP sangat mudah untuk diinstal karena kita tidak perlu mengatur ulang konfigurasi PHP, MySQL, maupun Perl agar terhubung dengan benar. XAMPP kini sudah tersedia multi platform baik itu Linux, Windows maupun Mac OS.

Cara Menginstall XAMPP di Linux Mint / Ubuntu
Cara Menginstall XAMPP di Linux Mint / Ubuntu

Berikut ini adalah cara menginstall XAMPP di Linux Mint / Ubuntu
  1. Download versi XAMPP untuk Linux yang sesuai dengan kebutuhan;
  2. Masuk lokasi dimana file XAMPP yang sudah di-download tersimpan (pastikan file memiliki ekstensi *.run);
  3. Klik kanan pada ruang kosong, pilih "Open in Terminal"
  4. Masuk sebagai super user (ketikkan su pada terminal)
  5. Mengganti permission pada file installer XAMPP (ketikkan chmod 755 xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run) >> Keterangan: xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run adalah nama file installer
  6. Install XAMPP tersebut (ketikkan ./xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run)

Singkatnya hanya dilakukan dengan tiga buah command berikut ini:
su
chmod 755 xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run
./xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run

Akan muncul tampilan window seperti di Windows, dan silahkan install (cukup klik next next dan finish, tidak ada settingan lain). Setelah selesai menginstal, XAMPP 1.8.3 untuk Linux ini sudah ada XAMPP Control Panel for Linux, sehingga memudahkan kita untuk mengaktifkan dan menyetop Apache maupun MySQL tanpa melalui terminal. Lihat gambar berikut:



Untuk mengaktifkan XAMPP Control Panel diatas, kita perlu masuk terminal sebagai super user. Masuk ke folde sistem (ketikkan di terminal cd /opt/lampp) , jika Linux yang digunakan versi 64 bit maka akan ada file bernama manager-linux-x64.run. Klik kanan pada ruang kosong disini, pilih open in terminal, ketikkan su untuk masuk ke super user, kemudian ketik untuk menjalankan manager-linux-x64.run diterminal (./manager-linux-x64.run); Selesai, XAMPP Control Panel di Linux akan berjalan.

Kesulitan dengan cara tersebut? Kembali ke terminal saja. Kita mengaktifkan dan menonaktifkan XAMPP via terminal. Cukup ketikkan:
su
/opt/lampp/lampp start

Ketika ingin menyetop XAMPP di Linux dengan cara langsung ketikkan di terminal /opt/lampp/lampp stop
XAMPP Linux Start & Stop
XAMPP Linux Start & Stop

JIKA menggunakan Linux Mint 16 Petra dengan desktop Cinnamon, kita juga bisa menggunakan Applet XAMPP. Buka saja settingan Applet, cari XAMPP Panel Menu, dan tambahkan ke panel (namanya taskbar jika di Windows); Jika sudah selesai dan berhasil akan tampak pada panel logo XAMPP berikut :

Tampilan XAMPP Panel Menu
Tampilan XAMPP Panel Menu
Permasalahan yang mungkin timbul adalah tidak bisa instalasi XAMPP di Linux dan di terminal muncul pesan bash: ./xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run: Permission denied 

Solusinya adalah dengan memindahkan file installer XAMPP Linux yang berkestensi .run tersebut ke dalam "Document" yang berada di drive partisi dimana sistem Linux diinstal. Selanjutnya coba kembali menginstal Linux seperti biasa. Selesai. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar