Zekr - Aplikasi Membaca Al Quran dan Terjemah di Linux

SOCIALIZE IT ⇨
Zekr - Aplikasi Membaca Al Quran dan Terjemah di Linux dengan terjemahan bahasa Indonesia juga bisa.. Zekr adalah aplikasi alqur'an open source yang dikembangkan dengan aplikasi Java dan tersedia lintas platform baik Linux, Windows,  maupun Mac OS.

Zekr adalah sebuah software al-Quran open source / gratis yang dibuat oleh Mohsen Saboorian menggunakan bahasa pemrograman Java. Zekr berfungsi sebagai alat bantu untuk menelusuri dan melakukan pencarian terhadap teks al-Quran. Zekr dibuat dalam bentuk aplikasi yang bersifat universal / open source, dan dapat dijalankan pada berbagai platform. Zekr memiliki kemampuan untuk mengakomodasi beberapa jenis fasilitas tambahan (add-on) antara lain : terjemahan dalam berbagai bahasa, themes, serta bacaaan Quran dari berbagai qari.

Cara memasang Addons Reciter Zekr :


  1. Klik menu Tools > Add > Recitation (*.properties) > Pilih file properties yang sudah didownload diatas > OK > Close Zekr > Jalankan Zekr lagi
  2. Cara memasang Addons Reciter Offline :
  3. Klik menu Tools > Add > Recitation (*.recit.zip) > Pilih file Reciter yang sudah didownload diatas > OK > Close Zekr > Jalankan Zekr lagi
  4. Cara mengganti pilihan Reciter :
  5. Klik tombol [+] dibawah program / Klik tulisan biru / nama Reciter > Pilih Reciter yang kamu inginkan

 Zekr adalah program untuk memudahkan dalam menggunakan Al-Qur'an secara digital. Di dalamnya terdapat tulisan teks Asli berbahasa Arab beserta artinya / terjemahannya berbahasa Indonesia.

Program mudah digunakan, dengan Teks dan Terjemahan Al-Qur'an 30 Juz beserta panduan Ayat. Terdapat 4 Qori' Madinah (ZekrAfasy, Zekr Ghamdi, Zekr Huzaifi, Zekr Minshawi - tergantung file download). Teks dan terjemah akan berjalan mengikuti ayat yang sedang dibaca Qari' sehingga akan memudahkan dalam menyimak bacaan atau artinya.

Program ini berlisensi GPL (General Public License), sehingga anda bebas menggunakan, menyebarkan bahkan dapat mengembangkan kembali tanpa melanggar hak cipta.

Zekr - Aplikasi Membaca Al Quran dan Terjemah di Linux

Teks Al-qur'an maupun terjemahan diperoleh dari zekr.org. Dalam website tersebut masih umum dan defaultnya adalah bahasa Inggris. Kami mengkompilasinya menggunakan bahasa Indonesia.
Program ini sangat mudah di gunakan semua orang, didalamya terdapat:

  • Program Bahasa Arabic, Bosnian, Bulgarian, Dutch, English, French, German, Hebrew, Indonesian, Kurdish, Malay, Macedonian, Persian, Pashto, Russian, Spanish, Tamil, Tatar, Tatar (Turkish transliteration), Turkish, Urdu, Uzbek
  • Teks Al-Quran Lengkap 30 Juz
  • Terjemahan Al-Qur'an 30 Juz
  • Tilawah Al-Qur'an 30 Juz, dari 4 Qari' madinah, yang dapat anda pilih sendiri (ZekrAfasy, Zekr Ghamdi, Zekr Huzaifi, Zekr Minshawi).
  • Sistem pemandu suara dan teks.
  • Sistem pencarian berdasarkan teks ayat atau terjemahan.
  • Pencarian perkata / perkalimat.
  • Dapat dioperasikan dihampir semua jenis komputer bersistem operasi Windows, Mac, dan Linux.
  • Penggunaan yang mudah.

Zekr mengkompilasi dengan berbasis sistem operasi Windows. Program dapat diinstall di semua versi Windows. Sebelum anda menginstall program Zekr Quran ini anda perlu untuk menginstall Java Runtime Environment (JRE) dulu, karena program Zekr Quran tidak akan berjalan/berfungsi bila tidak terdapat JRE pada komputer anda, anda dapat mendownloadnya di sini atau di sini

Download Zekr - Aplikasi Membaca Al Quran dan Terjemah di Linux

Untuk download Zekr Linux, identifikasikan terlebih dahulu Linux anda apakah 32 bit ataukah 64 bit. Untuk download silahkan klik Download Zekr for Linux

Jika sudah selesai, ekstrak file yang sudah didapatkan sekitar 8 MB, masuk ke direktory dimana file-file Zekr berada. Selanjutnya anda harus menginstal Zekr (Diasumsikan anda sudah menginstal Java Runtime Environtment (JRE))

Cara Install Zekr di Linux

Untuk proses insalasi Zekr, cukup mudah.. di Linux Mint: Klik kanan pada ruang kosong dimana file-file Zekr berada dan pilih "Open in Terminal" (Untuk Ubuntu, bisa menggunakan terminal cd untuk berpindah direktori).

Setelah diekstrak dapat langsung dijalankan dengan mengetikkan di Terminal sh zekr.sh
If ZEKR DIDN'T START, try to replace swt.jar in /zekr/lib using swt.jar in /swt-4.5M4-gtk-linux-x86_64

--> Replcae swt.jar with new one

>> Indonesia Translation provided by DEPARTEMEN AGAMA RI 2010 using single file id.indonesian.trans.zip

0 komentar:

Posting Komentar