Cara Atasi Linux Ubuntu Agar Tidak Over Heat Panas Berlebih

SOCIALIZE IT ⇨
Cara Atasi Linux Ubuntu Agar Tidak Over Heat Panas Berlebih. Cara mengurangi panas berlebih CPU (over heat) di Linux Ubuntu ini dapat diaplikasikan pada Linux Ubuntu versi 11, 12, 13. Jika anda mempunyai masalah CPU panas berlebih maka bisa memakai solusi berikut ini :

Jika dilihat secara umum, semua vendor laptop atau komputer membuat hardware mereka untuk Windows. CD-CD driver itu dibuat untuk Windows. Situs-situs driver resmi juga untuk Windows. Jadi jika Windows mengakibatkan hardware lebih dingin, itu wajar saja. Sedang para developer Linux setahu saya seringkali harus membuat driver sendiri tanpa bantuan vendor sedikit pun.

Ada beberapa jenis laptop yang tidak overheat (Lenovo), atau laptop netbook malah tidak over heat. Berdasar pengalaman, dari sekitar 20 laptop yang diinstal jenis distro Ubuntu yang sama, hampir 90% over heat.

Merknya bermacam-macam, ada Dell Vostro, HP, Lenovo. Yang menarik adalah ada netbook yang tidak over heat, ada juga vendor dari HP yang tidak over heat. Dan itu kurun waktu selama ubuntu 12 sampai Ubuntu 14.

Cara ini sudah diuji coba keguannya, yang sebelumnya menggunakan cooling pad yang diletakkan dibawah laptop, sekarang dilepas atau dimatikan. Hasilnya belum mati mendadak/shut down/panas. Ketika digunakan untuk download file besar, hasilnya masih bagus dan tidak over heat.
Cara Atasi Linux Ubuntu Agar Tidak Over Heat Panas Berlebih Cara Atasi Linux Ubuntu Agar Tidak Over Heat Panas Berlebih

Nah, bagi anda yang ingin mencoba juga trik ini yang menggunakan aplikasi TLP, silahkan langsung
eksekusi perintah berikut satu persatu di terminal :
sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw
sudo tlp start

Setelah terinstall, restartlah komputer. Tidak perlu melakukan konfigurasi apapun dan TLP akan berjalan otomatis melakukan kerjanya sehingga mengurangi panas berlebih pada komputer.

TLP akan melakukan sesuatu yakni menyaring fitur-fitur sistem yang perlu dan yang tidak perlu. Matikan yang tidak perlu. Nyalakan fitur hemat daya pada beberapa perangkat.

0 komentar:

Posting Komentar