Tips Memilih Varian Linux Mint Sesuai Kebutuhan

SOCIALIZE IT ⇨
Tips Memilih Varian Linux Mint Sesuai Kebutuhan. Ada banyak distro (linux distributons) yang beredar di Dunia, akan tetapi saya telah jatuh hati pada Linux Mint. Di dalam Linux Mint sendiri kita juga harus memilih varian Linux Mint yang kita suka dan sesuai dengan spesifikasi komputer personal yang kita miliki. Berikut kita simak tips memilih varian Linux Mint secara mudah.

Dikutip dari situs resmi Linux Mint www.linuxmint.com di tahun 2013, Linux Mint merupakan sistem operasi terbesar setelah Microsoft Windows, Apple Mac OS dan Canonical Ubuntu. Linux Mint saya pilih karena sesuai tujuan dari Linux Mint yaitu membuat sistem operasi modern, elegan dan nyaman yang handal dan mudah digunakan. Selain itu Lnux Mint merupakan turunan dari Deabian dan Ubuntu yang menjadikan aplikasi yang sudah support Ubuntu bisa dipasang di Linux Mint. Ditambah ketangguhan dari Debian. Kombinasi yang hebat bukan?

Dalam setahun, Linux Mint release dua kali dan tiap rilisnya menggunakan nomor versi dan code name yang menggunakan nama wanita berakhiran a. Contohnya Linux Mint 14 Nadia artinya 14 adalah nomor versi Linux Mint sedangkan Nadia adalah code name yang digunakan.

Varian Linux Mint dibedakan berdasar desktop management dan arsitektur komputer personal yang digunakan. Dari desktop management varian Linux Mint yang bisa dipilih adalah Cinnamon, KDE, MATE dan Xfce. Sedangkan dari arsitektur komputer yang digunakan bisa dipilih 32bit atau 64bit. Tampilan yang paling saya sukai adalah Linux Mint dengan desktop Cinnamon. Cinnamon memiliki banyak theme untuk mengganti tema, applet yang sudah terinstal otomatis, dan juga extension untuk mempercantik tampilan Cinnamon.
Berikut ini adalah tampilan Linux Mint 14 Cinnamon 32bit yang sudah saya modifikasi.
  • Cinnamon Theme: Zukitwo
  • Cinnamon Applet added: Network Speed Monitor (menggantikan CfosSpeed)
  • Extension added: Coverflow Alt-Tab (mempercantik Alt+Tab, menyaingi Windows)
  • Dock added: Cairo Dock (memasang dock layaknya di Mac OS X)
  • Shell Theme added: Mac OS X (Tampilan Shell seperti Mac OS X)
Tips Memlilih Varian Linux Mint
Tips Memlilih Varian Linux Mint

Linux Mint 14 Nadia � Cinnamon
Linux Mint 14 Nadia � Cinnamon
Tampilan diatas adalah tampilan Linux Mint pada Notebook 10". Kesimpulannya tips memilih varian Linux Mint adalah pilih dengan desktop management yang disuka dan arsitektur komputer yang digunakan. Pada postingan berikutnya saya akan sajikan cara instalasi Linux Mint dan program aplikasi yang sudah saya install.

0 komentar:

Posting Komentar