Gantt Project | Project Scheduling and Management di Linux

SOCIALIZE IT ⇨
Aplikasi Manajemen Proyek di Linux, Gantt Project | Project Scheduling and Management di Linux. Disini akan dijelaskan apa itu Gantt Project dan bagaimana cara menginstal Gantt Project di Linux.

Jika berhubungan dengan proyek, maka yang hal utama yang harus dipertimbangkan bagi seorang pengembang proyek adalah jadwal atau skedul berapa lama waktu yang diperlukan dan bagaimana perkembangan dalam pembuatan proyek yang akan dibuat. Penjadwalan proyek adalah kegiatan menetapkan jangka waktu kegiatan proyek yang harus diselesaikan, bahan baku, tenaga kerja serta waktu yang dibutuhkan oleh setiap aktivitas. Penjadwalan proyek ini akan membantu seorang pengembang proyek dalam hal berikut:
  1. Menunjukkan hubungan tiap kegiatan lainnya dan terhadap keseluruhan proyek.
  2. Mengidentifikasikan hubungan yang harus didahulukan di antara kegiatan.
  3. Menunjukkan perkiraan biaya dan waktu yang realistis untuk tiap kegiatan.
  4. Membantu penggunaan tenaga kerja, uang dan sumber daya lainnya dengan cara hal-hal kritis pada proyek

Gantt Project - Aplikasi Manajemen Proyek di Linux

Adapun pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam penjadwalan proyek adalah :
  • Gantt Chart,
  • PERT (Project Evaluation and Review Technique), dan
  • CPM (Critical Path Method).
Gantt Project, Project Scheduling and Management Software


Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam membuat jadwal pelaksanaan proyek antara lain :
  1. kebutuhan dan fungsi proyek tersebut. Dengan selesainya proyek itu proyek diharapkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
  2. keterkaitannya dengan proyek berikutnya ataupun kelanjutan dari proyek selanjutnya.
  3. alasan social politis lainnya, apabila proyek tersebut milik pemerintah.
  4. kondisi alam dan lokasi proyek.
  5. keterjangkauan lokasi proyek ditinjau dari fasilitas perhubungannya.
  6. ketersediaan dan keterkaitan sumber daya material, peralatan, dan material pelengkap lainnya yang menunjang terwujudnya proyek tersebut.
  7. kapasitas atau daya tampung area kerja proyek terhadap sumber daya yang dipergunakan selama operasional pelaksanaan berlangsung.
  8. produktivitas sumber daya, peralatan proyek dan tenaga kerja proyek, selama operasional berlangsung dengan referensi dan perhitungan yang memenuhi aturan teknis.
  9. cuaca, musim dan gejala alam lainnya.
  10. referensi hari kerja efektif.
Sebagai Microsoft Project alternatif di Linux. GanttProject merupakan aplikasi cross platform yang digunakan dalam penjadwalan proyek berfungsi sebagai alat bantu skedul dan manajemen sebuah proyek. Aplikasi merupakan aplikasi alternatif dari Microsoft Project yang berjalan di Linux, Windows, maupun Mac OS. Dibalik lisensi open source yang dimilikinya, GanttProject memiliki sejumlah keunggulan lain yaitu sebagai berikut:
  • Gantt chart. Support penuh terhadap Gantt Chart, membreakdown strktur proyek, menggambarkan kerelasian proyek, dan bagaimana proyek ke depannya akan diselesaikan kapan.
  • Resources. Mengidentifikasi sumber daya manusia yang mengerjakan proyek dan bisa mengalokasikan untuk pos mana saja mereka akan ditempatkan.
  • PERT chart. Bisa memproduksi PERT Chart dari GANTT Chart.
  • Export. Menyimpan hasil rencana proyek dalam berbagai format seperti gambar PNG, PDF, dan HTML.
  • Interoperate. Bisa mengimpor project dari Microsoft Project, mengekspor source file ke dalam format Microsoft Excel dan CSV
  • Collaborate. Sharing proyek via WebDAV.

Cara Menginstal GanttProject di Linux

Pada website resmi GanttProject kita bisa menemukan installer untuk Linux, Windows, dan Mac OS. Cara menginstal Gantt Project di Linux kita bisa memilih installer berupa file dengan ekstensi *.deb (installer berukuran sekita 13 MB, versi 2.6.3) selanjutnya download file tersebut dan instal pada komputer lokal. Untuk menjalankan GanttProject bisa melalui Start/Menu >> Office >> GantProject

0 komentar:

Posting Komentar