Cara Instal OpenShot, Aplikasi Untuk Mengedit Video di Linux

SOCIALIZE IT ⇨
OpenShot � Aplikasi Untuk Mengedit Video di Linux. Anda ingin mengedit video koleksi anda? Atau jika Anda suka mengedit-edit video, baik video dokumentasi wedding, video lucu, ataupun video lain dan Anda menggunakan Linux, ini solusinya. Banyak orang menggunakan aplikasi yang handal dan memiliki tingkat kompleksitas tersendiri seperti Adobe After Effect, Sony Vegas, dan lain sebagainya.

Akan tetapi aplikasi tersebut memiliki kerumitan dalam hal penggunaannya, biasanya pemakai perlu waktu belajar untuk dapat mengetahui fitur-fitur yang ada. Lebih ekstrim lagi, editing video sampai sekarang ini masih dianggap sebagai pekerjaan yang tidak mudah dan tidak semua orang dapat mengerjakannya. Artikel ini dimaksudkan untuk menyajikan aplikasi Linux yang digunakan untuk video editor, editing video di Linux dengan Open Shot.

OpenShot Video Editor adalah video editor non-linear gratis yang sifatnya open source. Open Shot dapat membuat dan mengedit video dan film di Linux dan bisa menggunakan berbagai format video. Dengan tampilan yang mudah dipahami karena mirip dengan Windows Movie Maker, Open Shot sangat cocok bagi pemula yang ingin menggunakan video editor.

Dalam segi fitur, OpenShoot dapat menyisipkan lagu samapai dengan beberapa track berlapis, memasukkan gambar, memberikan watermark pada video, animasi transisi video, bahkan samapai dengan animasi 3D. Sisamping itu pengguna juga bisa mengupload video hasil editannya ke YouToube lansung dari OpenShoot.

OpenShoot: Software Untuk Membuat dan Mengedit Video di Linux
OpenShoot: Software Untuk Membuat dan Mengedit Video di Linux

Cara Instal OpenShot, Aplikasi Untuk Mengedit Video di Linux

Cara menginstal OpenShoot dilakukan via Software Manager Linux Mint, atau Ubuntu Software Center, caranya :
  1. Buka Software Manager di Linux Mint (Start >> Administration >> Software Manager), atau buka Software Center di Ubuntu
  2. Ketikkan di kotak pencarian frei0r-plugins, install terlebih dahulu dengan klik Install
  3. Setelah selesai, ketikkan OpenShot, jika sudah muncul instal OpenShot dengan klik Install
  4. Selesai, jalankan OpenShot melalui klik Start/Menu/Application >> Sound & Video >> OpenShot video Editor
Plugin frei0r-plugins dibutuhkan untuk mendapatkan efek-efek video yang luar biasa, disamping menginstal OpenShoot kita juga harus menginstal. Plugin frei0r-plugins sebuah plugin yang sudah banyak digunakan oleh aplikasi pengolah video, cobalah install dari Software Manager.

1 komentar:

  1. nice tutorial. Semoga menjadi blog yang informatif yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya.
    brankaspedia

    BalasHapus