Memlih USB Modem GSM Terbaik di Sistem Operasi Linux

SOCIALIZE IT ⇨
Memlih USB Modem GSM Terbaik di Sistem Operasi Linux. Modem terbaik adalah modem yang mampu memenuhi kebutuhan kita sebagai pengguna. Berbagai jenis modem dengan spesifikasi masing-masing bisa dijumpai di pasaran. Yang menjadi pertanyaan adalah mana dari sekian modem tersebut merupakan modem terbaik terkhusus lagi untuk kita sebagai pengguna Linux.

Di Indonesia terdapat dua macam jaringan yang biasa dipakai public untuk berkomunikasi yaitu jaringan CDMA dan jaringan GSM. Untuk jaringan CDMA providernya bisa dikatakan sedikit berbeda jauh dengan provider jaringan GSM.

Dilihat dari segi kualitas, di Indonesia provider GSM lebuh unggul dibandingkan dengan provider CDMA. Jika CDMA sudah mencapai kecepatan EVDO-Rev B, maka GSM sudah bisa mencapai kecepatan 3.5 G bahkan 4G LTE yang artinya lebih cepat jika dibanding CDMA.

Memilih Modem GSM Terbaik Untuk Linux

Kembali ke modem, sebagai pengguna Linux saya lebih memilih modem wifi atau yang biasa disebut MiFi (Modem WiFi) yang merupakan sebuah mini router dilengkapi modem. Keuntungan menggunakan MiFi adalah kita TIDAK USAH INSTALL MODEM, cukup kita colokkan modem tersebut ke sumber listrik (jika modem tidak berbaterai) dan WiFi pun segera aktif. Jadi koneksi internet melalui WiFi

Tips Memilih Modem GSM Untuk Linux

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk bekal memilih modem untuk Linux
  1. Pilih MiFi yang handal, tidak cepat panas bila dipakai. Perlu diingat bahwa modem handal pun akan cepat panas jika kualitas jaringan di tempat Anda kurang stabil.
  2. Berdasarkan point ke-1 pilihlah jaringan handal dan stabil
  3. Pilih MiFi yang support untuk berbagai provider (unlock all)
  4. Untuk tidak menggunakan MiFi sebagai media penyimpanan meskipun terdapat slot memori. Kita lihat dulu fungsi utamanya yaitu sebagai modem
  5. Pastikan MiFi tersebut mendukung jaringan 3G, 3.5G atau 4G


Demikian cara memilih modem terbaik untuk Linux semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar