Cara Menghapus Repository di Linux Mint 17.2 Rafaela

SOCIALIZE IT ⇨
Cara Menghapus Repository di Linux Mint 17.2 Rafaela --Repository pada linux adalah sekumpulan paket yang berisi file-file aplikasi linux yang dapat dicopy dari server ke komputer lokal kemudian diinstal. Secara singkat pengertian repository Linux adalah paket-paket khusus sebuah sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal sehingga menghasilkan sebuah aplikasi pada sebuah sistem operasi Linux.

Ada kalanya ketika kita sudah membutuhkan respository tertentu karena sudah tidak digunakan maka kita boleh menghapus repository tersebut. Tujuan penghapusan repository adalah mempercepat Linux mengindex repository yang aktif sehingga ketika anda menjalankan sudo apt-get update melalui Terminal Linux, anda akan lebih cepat menyelesaikannya karena repository berkurang.

Cara menghapus repository yang error --Jika kita terlanjur menambahkan repository PPA dan ternyata repositorinya sudah mati, maka kita harus menghapusnya agar ketika melakukan sudo apt-get update tidak menghasilkan kesalahan 404 atau error karena server tidak ditemukan.

Cara Menghapus Repository di Linux Mint 17.2 Rafaela

Cara membuang repository yang tidak perlu atau tidak aktif sangat mudah di Linux Mint, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Klik Start Menu >> Administration >> Software Sources, akan keluar jendela Software Source
  2. Selanjutnya klik PPAs, misalkan kami sebelumnya menginstal QMMP, Cara instal QMMP adalah dengan menambahkan PPA sebagai berikut :
sudo add-apt-repository ppa:forkotov02/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install qmmp
sudo apt-get install qmmp-plugin-pack

PPA diatas di maintenance oleh Ilya Kotov untuk membuangnya kita lakukan langkah berikut :
  1. Klik PPAs, cari yang ada kata-kata "kotov" atau atau "Ilya Kotov". Kita akan mendapati 2 daftar disini yaitu forkotov02 dan forkotov02 (source). Silahkan klik satu-per satu forkotov dan klik tombol "Remove"
menghapus repository  menghapus repository ppa menghapus repository di ubuntu menghapus repository github menghapus repository ubuntu menghapus repository di ubuntu 12.04 cara menghapus repository di ubuntu cara menghapus repository yang error cara menghapus repository di linux mint 17.2 rafaela cara menghapus repository ubuntu cara menghapus repository di linux mint cara menghapus repository di linux mint 17.x
  1. Selanjutnya klik Additional Repositories, cari kata-kata "forkotov"  atau "Ilya Kotov" jika anda menemukan hapus saja. Karena pada tab Additional Repository tidak ada maka kita tidak melakukan penghapusan apapun disini.
  2. Terakhir klik Authentication Key, cari kata-kata "forkotov"  atau "Ilya Kotov" jika anda menemukan hapus saja. Karena menemukan kata "Ilya Kotov" maka klik tulisan itu lalu klik Remove
    Cara Menghapus Repository di Linux Mint 17.2 Rafaela menghapus repository ppa menghapus repository di ubuntu menghapus repository github menghapus repository ubuntu menghapus repository di ubuntu 12.04 cara menghapus repository di ubuntu cara menghapus repository yang error cara menghapus repository di linux mint 17.2 rafaela cara menghapus repository ubuntu cara menghapus repository di linux mint cara menghapus repository di linux mint 17.x
  3. Jika sudah, silahkan klik tombol "Update Cache" untuk merefresh daftar repository linux di komputer lokal kita.

0 komentar:

Posting Komentar