Cara Encrypt Decrypt File di Ubuntu / Linux Mint Terminal

SOCIALIZE IT ⇨
Turorial Enkripsi Dekripsi File di Ubuntu / Linux Mint --Cara Encrypt Decrypt File di Ubuntu / Linux Mint Melalui Terminal. Enkripsi adalah penyandian, pengkodean atau pengacakan sebuah teks atau file menjadi bentuk lain menggunakan algoritma tertentu agar tidak dapat dibaca oleh siapapun secara langsung.

Untuk membaca file yang di enkripsi maka kitapelu melakukan proses dekripsi file yaitu mengubah atau mengembalikan pesan atau file yang dienkripsi menjadi bentuk semula sehingga dapat dibaca dan diketahui format atau bentuknya.

Di Ubuntu Linux Mint ada sebuah aplikasi yang sangat ringan untuk enkripsi dan dekripsi file karena bekerja melalui Terminal yang bernama CCRYPT.

Ccrypt adalah sebuah tool enkripsi dan dekripsi data yang berbasis command line Linux, selain itu ringan digunakan dan proses enksripsi dan dekripsi dapat dilakukan sangat cepat (melebihi kecepatan aplikasi enkripsi dan dekripsi yang dikerjakan melalui jendela GUI), dan juga aplikasi ccrypt ini sangat mudah digunakan tidak serumit yang anda bayangkan.

Fitur Aplikasi Ekripsi Linux CCRYPT

Dengan aplikasi encrypt decrypt di Linux bernama CCRYPT anda dapat mengenkripsi data dalam berbagai bentuk misalnya media gambar atau video, text, document, file archive, dll. CCRYPT menggunakan algoritma AES sebagai back-end nya

cara enkripsi dekripsi file di ubuntu linux mint encrypt decrypt file linux encrypt and decrypt file in linux linux shell encrypt decrypt file

Seperti kebanyakan aplikasi enkripsi di Ubuntu Linux Mint, CCRYPT memberikan fasilitas enkripsi data menggunakan password dan key file. Mekanismenya adalah ketika CCRYPT sudah berhasil mengenkripsi sebuah file maka aplikasi ini akan membuang source file-nya.

Cara Install Ccrypt di Ubuntu / Linux Mint

Cara menginstal CCRYPT di Ubuntu atau Linux Mint sangat mudah karena dapat dilakukan melalui Terminal Linux dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :
sudo apt-get install ccrypt

Cara Encrypt File Dengan Ccrypt di Linux

Karena aplikasi ini berbasis Terminal atau command line, untuk mengenkripsi file misalkan kita akan mengenkripsi file coba.txt yang berada di home directory maka kita ketikkan di Terminal :
ccrypt coba.txt
Anda akan diminta memasukkan password untuk mengunci atau mengenkripsi file, silahkan masukkan password yang gampang anda ingat sebanyak dua kali. Jika aplikasi CCRYPT sudah selesai mengenkripsi maka anda akan mendapatkan file dengan nama yang sama ditambah ekstensi .cpt sehingga dalam percobaan ini anda akan melihat file coba.txt.cpt di dalam folder yang sama.

Cara Decrypt File Dengan Ccrypt di Linux

Untuk mendekripsi file caranya cukup mudah, karena file hasil enkripsi sebelumnya bernama coba.txt.cpt maka langsung saja ketikkan di Terminal :
ccrypt -d coba.txt.cpt
Review CCRYPT Aplikasi Enksripsi Dekripsi di Linux
Aplikasi ini berbasis Terminal sehingga sangat ringan digunakan dan proses enkripsi dan dekripsi prosesnya berlangsung diatas rata-rata dari aplikasi ekripsi deksripsi di Linux lainnya. Dilihat dari sisi keamanan, aplikasi CCRYPT menggunakan algoritma AES cukup untuk digunakan jika data yang akan dipertukarkan tingkat kerahasiaannya sedang.

0 komentar:

Posting Komentar