Tidak Bisa Koneksi Internet di Linux Setelah Remaster Linux

SOCIALIZE IT ⇨
Pernah Mengalami Tidak Bisa Koneksi Internet di Linux Setelah Remaster Linux? Jangan khawatir disini kami sediakan cara mengatasinya.

Remaster adalah proses yang dilakukan seseorang dalam membackup sistem Linux yang ada di dalam komputer miliknya sehingga bisa diinstal ke komputer lain juga lengkap dengan beberapa aplikasi yang sudah diinstal.

Remastering linux adalah sebuah proses untuk membuat sebuah linux baru dari linux yang sudah ada. Contoh hasil dari remastering linux mirip dengan linux induk namun telah mengalami beberapa modifikasi yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan linux induk, misal tema tampilan, perangkat lunak yang terbundel dengannya dan sebagainya.

Tujuan dari remastering linux adalah linux induk yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Jikalau bisa memenuhi, diperlukan suatu proses atau usaha misalkan menginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Proses remastering ini membuat usaha tersebut tidak perlu dilakukan karena proses intalasi telah dilakukan oleh pengembang.

remastering linux, remaster linux, cara remaster linux, remaster sys

Tidak Bisa Koneksi Internet di Linux Setelah Remaster Linux

Ketika anda melakukan remaster Linux dan setelahnya koneksi internet anda menjadi tidak bisa konek padahal WiFi ataupun modem sudah bisa terkoneksi maka anda perlu menyetting DNS Linux.

Caranya cukup mudah, masuk Terminal dan ketikkan sudo gedit /etc/resolv.conf
Keterangan : gedit adalah nama aplikasi yang akan digunakan sebagai Teks Editor, anda bisa memakai Geany atau editor yang lain

Masukkan password pada Terminal, kemudian akan terbuka Teks Editor, selanjutnya copy script berikut ini. Masukkan script berikut ini :
# Dynamic resolv.conf(5) file for glibc resolver(3) generated by resolvconf(8)
# DO NOT EDIT THIS FILE BY HAND -- YOUR CHANGES WILL BE OVERWRITTEN
nameserver 127.0.1.1

Setelah selesai simpanlah file (Ctrl + S). Silahkan coba buka kembali Browser Internet kesukaan anda, mulai mengunjungi sebuah situs dan pasti bisa.

Jika tidak bisa mungkin versi Linux anda berbeda, coba untuk merestart Linux dan coba kembali Browser anda. Semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar