Split Merge PDF - Memotong/Menggabung File PDF di Linux

SOCIALIZE IT ⇨
Split Merge PDF - Memotong/Menggabung File PDF di Linux - Cara potong dan gabungkan File PDF di Linux menggunakan aplikasi PDF Shuffler.

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format dokumen digital yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang sifatnya tetap dan tidak mengalami perubahan ketika dibuka oleh sistem operasi Linux, Mac, maupun Windows.

Untuk keperluan kantor atau keperluan kampus atau keperluan lainnya mungkin anda membutuhkan aplikasi yang dapat mengedit file PDF yang dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, membuang halaman PDF atau hanya sekedar menambagkan halaman PDF ke dalam sebuah file PDF.

Nah, di Linux ada sebuah aplikasi untuk mengedit PDF yang bernama PDF Shuffler yang memiliki fungsi sebagai berikut :
- Delete halaman tertentu
- Rotare halaman tertentu
- Gabungkan beberapa file pdf
- dsb

Cara Menginstal PDF Shuffler di Linux

Untuk menginstal PDF Shuffler anda dapat melakukannya melalui Ubuntu Software Center, atau juga bisa Linux Mint Software Manager dengan mengetikkan pdfshuffler, jika sudah ketemu silahkan klik aplikasinya lalu Install. Cara instalasinya tidak serumit Windows, cukup satu kali klik Install saja.

Untuk anda yang suka Terminal, cara menginstal PDF Shuffler melalui Terminal dapat mengetikkan sudo apt-get install pdfshuffler
Setelah menginstal PDF Shuffler, anda bisa membuka aplikasinya melalui : Start/Menu >> Office >> PDF Shuffler

Cara Menggunakan PDF Shuffler

Cara menggunakan PDF Shuffler kali ini dicontohkan untuk menghapus halaman PDF, menambahkan halaman PDF, memutar PDF ke kanan atau ke kiri.

Persiapan Memulai Praktek :
  • Untuk memulai praktek, buka aplikasi PDF Shuffler melalui Start >> Office >> PDF Shuffler
  • Jika sudah terbuka, untuk membuka file PDF yang akan diedit silahkan klik menu File >> Add atau juga bisa melalui icon tanda plus ( + ) pada toolbar aplikasi
  • File PDF sudah siap untuk diedit

Menghapus Halaman PDF di Linux - Split PDF

Untuk menghapus halaman PDF, klik kanan pada halaman yang akan dihapus, klik Delete
Juga bisa dengan meng-klik halaman yang akan dihapus, pencet tombol Delete pada keyboard

pdfedit edit pdf ubuntu edit pdf linux ubuntu pdf editor linux master pdf editor edit pdf linux mint edit pdf linux debian edit pdf linux fedora

Menggabungkan File PDF di Linux - Merge PDF

Untuk menggabungkan file PDF, siapkan sebuah dokumen PDF yang akan digabungkan baik itu digabungkan di awal, digabungkan di tengah dokumen PDF (disisipkan), atau juga dapat diletakkan di akhir dokumen.

Caranya cukup drag and drop (tahan dokumen dan tarik ke aplikasi PDF Shuffler, lepaskan). Bisa juga dengan meng-klik icon plus ( + ) di toolbar aplikasi PDF Shuffler, lalu klik Save untuk menyimpan hasilnya.

Memutar Halaman PDF di Linux - Rotate PDF

Fasilitas ini sangat berguna untuk mengedit file PDF dari hasil Scan scanner, biasanya file PDF hasil scan halaman yang seharusnya portrait akan landscape.

Untuk mengembalikannya cukup buka file PDF yang akan diedit, jika sudah terbuka klik halaman PDF yang akan dirotasi, klik rotate left atau rotate rigt pada toolbar aplikasi.

Begitulah Split Merge PDF - Cara Memotong/Menggabung File PDF di Linux menggunakan PDF Shuffler. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Split Merge Pdf - Memotong/Menggabung File Pdf Di Linux >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Split Merge Pdf - Memotong/Menggabung File Pdf Di Linux >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Split Merge Pdf - Memotong/Menggabung File Pdf Di Linux >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK wD

    BalasHapus