Cara Mengembalikan Cinnamon ke Pengaturan Default

SOCIALIZE IT ⇨
Cara Mengembalikan Cinnamon ke Pengaturan Default atau istilahnya restore cinnamon di Linux Mint. Cinnamon adalah salahs satu desktop environment (DE) yang dikemabangkan khusus untuk Linux Mint Cinnamon.

Secara tampilan, Cinnamon seperti Windows XP yang sudah dimodifikasi sehingga lebih modern bahkan ada beberapa efek yang serupa dengan efek yang dimiliki Windows 10 seperti thumbnail view untuk program aplikasi yang dibuka, animasi ctrl + alt + tab, background yang berubah dan lainnya.

Di sisi lain, desktop Cinnamon memiliki efek yang tidak dimiliki oleh Windows 7 seperti tampilan compiz yang hanya dimiliki oleh beberapa Linux tertentu. Untuk mendapatkan semua efek dan animasi yang diinginkan anda harus menyetting atau melakukan konfigurasi Cinnamon.

reset cinnamon desktop linux mint reset cinnamon desktop to default gsettings reset org.cinnamon desktop-layout restart cinnamon desktop tanpa terminal cara reset cinnamon desktop

Cara Mengembalikan Cinnamon ke Pengaturan Default / Restore

Restore Cinnamon adalah fasilitas yang diberikan Linux Mint Cinnamon untuk mengatur desktop Cinnamon ke settingan awal sebelum dimodifikasi. Misalkan anda melakukan konfigurasi Cinnamon sehingga tampilannya agak berantakan, dan anda ingin me-reset tampilannya ke default maka fasilitas ini dapat anda gunakan.

Cara Restore Cinnamon Desktop di Linux Mint

Anda dapat melakukan klik kanan pada Panel anda kemudian pilih Troubleshoot >> Restore all settings to default maka dalam sekejap tampilan Cinnamon anda akan kembali seperti semula sebelum dimodifikasi.

Cara Restart Cinnamon Desktop di Linux Mint

Restart Cinnamon adalah solusi ketika Cinnamon nge-freeze atau nge-hang atau tidak bisa digerakkan desktopnya. Anda dapat melakukan restart Cinnamon desktop dengan cara menekan tombol di keyboard secara bersamaan untuk Ctrl + Alt + Esc. Dan jika cara ini tidak mengatasi freeze yang terjadi maka anda bisa melakukan force logout dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Backspace.

0 komentar:

Posting Komentar