Cara Hidden File + Folder Sekaligus Tanpa Rename di Linux

SOCIALIZE IT ⇨
Hidden file list - Cara Hidden File + Folder Sekaligus Tanpa Rename di Linux. Teknik menyembunyikan file+folder sekaligus di Linux kali ini menggunakan teks editor entah itu memakai gEdit, Geany, Sublime, dll dengan file browser Nautilus atau Nemo.

Secara umum cara hidden file dan folder di berbagai distro Linux adalah dengan menambahkan karakter titik ( . ) di awal nama file atau folder kecuali anda menggunakan GoboLinux.

Hidden file list ini spesifik untuk Nautilus, dengan plugin tertentu (di nemo juga sebenarnya, tapi karena nemo ini fork dari nautilus...), yang penting buatlah berkas teks, bahkan tidak mesti pakai gedit. Jadi di XFCE "fitur" ini tidak akan berfungsi kalau file manager yang dipakai adalah Thunar.

Kesimpulannya, di Nautilus atau Nemo kita dapat menyembunyikan file + folder sekaligus dengan menggunakan konfigurasi sebuah teks file yang akan dijabarkan caranya berikut ini.

Cara Hidden File + Folder Teks Editor Nautilus Nemo

Penulisan file yang ada di dalam file .hidden
index.php
license.txt
readme.html
wp-activate.php
wp-admin
wp-blog-header.php
wp-comments-post.php
wp-config-sample.php
wp-content
wp-cron.php
wp-includes
wp-links-opml.php
wp-load.php
wp-login.php
wp-mail.php
wp-settings.php
wp-signup.php
wp-trackback.php
xmlrpc.php

Cara Hidden File + Folder Sekaligus Tanpa Rename di Linux

Tempatkan semua file dan folder ke dalam sebuah folder. Misalkan contoh diatas ada folder rings dan di dalamnya ada beberapa file dan folder lagi yang bisa dilihat pada gambar diatas.

Cara menyembunyikannya adalah sebagai berikut :
  1. Buka teks editor kesukaan anda
  2. Ketikkan nama-nama file + folder yang akan disembunyikan per baris
  3. Lihat contoh yang sudah disediakan diatas
  4. Simpan dengan nama .hidden simpan di dalam folder rings
  5. Selesai, tekan Ctrl + H untuk menyembunyikan dan menampilkan file atau foldernya
  6. Tips : untuk mendapatkan list folder dan file gunakan Terminal. Caranya masuk ke direktori yang akan disembunyikan dengan perintah cd (di Linux Mint bisa dilakukan dengan klik kanan pilih Open in Terminal) kemudian ketikkan perintah dir di Terminal dan muncullah list file dan foldernya.
Untuk menyembunyikan keseluruhan file sistem Linux di root folder ketikkan perintah : 
ls / -1 | sudo tee -a /.hidden
Untuk mengembalikan (hide hidden file exclude file system Linux) ketikkan di terminal sudo geany /.hidden dan hapus daftar folder dan file disana. Geany bisa diganti dengan teks editor lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar